Dokpri
Bicara tentang kriteria pakaian wanita islam tentunya kita harus merujuk pada 'Way of Life' muslim yakni Al quran. Dalam Al quran Allah sudah begitu terang benderang memberikan rambu-rambu bagi wanita islam dalam berpakaian. Tinggal bagaimana wanita islam tersebut, mau membaca, memahami dan mengamalkan atau tidak?

Panduan Wanita Islam dalam Berpakaian

Seperti apa kriteria pakaian wanita islam dalam Al quran?  Panduannya ada dalam dua ayat berikut. Yuk baca, simak, pahami dan amalkan!

Pertama: QS. An Nur ayat 31

"Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya) kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutup kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka mengentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung." (QS. An Nur: 31)

Kedua: QS. Al Ahzab ayat 59

"Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, "Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS. Al Ahzab: 59).

 

Kriteria Pakaian Wanita Islam

Kriteria pakaian wanita islam
Dokpri

Berdasarkan panduan yang tertuang dalam QS. An Nur ayat 31 dan QS. Al Ahab ayat 59 tersebut diketahui bahwa paling tidak ada 5 kriteria pakaian wanita islam, yaitu:

1. Menutup seluruh tubuh kecuali yang biasa tampak (muka dan telapak tangan)

Kriteria pertama adalah pakaian wanita islam harus menutup seluruh anggota tubuh kecuali muka dan telapak tangan, sebagaimana firman Allah dalam QS. Al Ahzab ayat 59 di atas. "Hendaklah mereka menutupkan jilbab ke seluruh tubuh mereka.

2. Tidak transparan

Kriteria kedua adalah pakaian tersebut tidak transparan atau tembus pandang. Bukankah menutup artinya membuat sesuatu yang ditutupi tidak terlihat atau tersembunyi. Jika masih bisa terlihat artinya belum memenuhi perintah dari kata 'menutup' itu sendiri. So, pastikan bahan yang digunakan untuk membuat gamis, rok, baju ataupun kerudung adalah bahan yang memenuhi kriteria ini.

3. Kain kerudung haruslah menutup dada

Kriteria ketiga kain kerudung harus menutup dada untuk menyempurnakan tujuan dari menutup aurat tersebut. Sehingga lekukan anggota tubuh yang berpotensi terlihat tertutupi oleh juntaian kain kerudung yang menutup hingga dada.

4. Tidak menyerupai pakaian laki-laki

Kriteria keempat tidak menyerupai pakaian laki-laki. Rasulullah sangat melaknat kaum pria yang menyerupai kaum wanita dan begitu juga sebaliknya (HR. Bukhari). Pakaian adalah identitas yang menunjukkan siapa diri kita. Maka sebagai wanita islam (muslimah) seharusnya kita berpakaian yang mencerminkan identitas kita sebagai muslimah.

5. Longgar, tidak membentuk lekuk tubuh

Kriteria kelima, pakaian tersebut hendaklah longgar dan tidak memperlihatkan lekuk-lekuk tubuh. Hakikatnya pakaian wanita islam adalah menutupi aurat dari pandangan mata, bukan membungkus aurat. Jadi, pakaian wanita islam haruslah benar-benar menyembunyikan perhiasan (aurat) pemakainya dari pandangan mata.

Hijab Pashmina Curve Instan Jumbo

kriteria pakaian wanita islam
Dokpri

Setelah mengetahui 5 kriteria pakaian wanita islam di atas tentunya teman-teman bisa menilai model pakaian yang seperti apa yang pantas dikenakan oleh muslimah. Di sini saya akan memperkenalkan Pashmina Curve Instan Jumbo, salah satu model kerudung penutup kepala yang bisa membantu teman-teman menutup aurat dengan sempurna.

Pashmina ini dirancang satu layer dengan model yang simpel dan mudah digunakan. Bagian dagunya sudah dijahit sehingga praktis digunakan. Bagian belakang pashmina terlihat melengkung saat dikenakan dan bagian depan membentuk setengah lingkaran. 

Bahan kain yang digunakan pada pashmina ini adalah bahan Crinkle Airflow. Sehingga hijab pashmina ini dikenal juga dengan sebutan Pashmina Oval Crinkle Airflow Jumbo. Jumbo karena ukuran yang tersedia adalah ukuran jumbo (XXL). Sebagai informasi bahan Crinkle Airflow sendiri memiliki karakteristik detail; adem, jatuh, dan ringan. Walaupun tidak tebal --menurut pendapat saya pribadi-- namun bahan ini tidak menerawang. Jadi bisalah memenuhi kriteria pakaian wanita islam.

Penutup

Di tengah pesatnya perkembangan dunia fashion dewasa ini, wanita islam harus tetap teguh pada rambu-rambu syariat islam. Mode fashion boleh berkembang, namun wanita islam harus memastikan bahwa fashion yang dipilih dan dikenakan sudah memenuhi kriteria pakaian wanita islam yang digariskan dalam QS. An Nur: 31 dan QS. Al Ahzab: 59.

29 Comments

  1. Bener banget, hijab itu ya menutupi tubuh, bukan membungkus. Kalau hanya membungkus sih pake baju ketat pun udah terbungkus, ya. Hihi.
    Semoga kita para muslimah bisa terus istiqamah dalam berpakaian syar'i (sesuai aturan Allah dalam Al-Qur'an).

    ReplyDelete
  2. Masyaallah, terima kasih infonya mb, hijabnya bagus banget, membuat terlihat cantik dan feminim ya. Warnanya aku juga suka

    ReplyDelete
  3. Kayanya rnak pake Pashmina Curve Instan Jumbo gini langsung sat set, cuma satu layer dan simpel tapi udah nutup dada. Crinkle sendiri bahannya adem sih, pokoknya tebel dan ngga nerawang mah aman yah.

    ReplyDelete
  4. Sebaik-baiknya memang seharusnya menutup aurat dengan baik. Pakai hijab menutupi dada penting, jadi perlu hijab2 yang panjang. Sekarang banyak ya yang model instant. Model syari seperti ini jg ada yang instan. Mau beli pashmina bisa dimana mbak?

    ReplyDelete
  5. Masya Allah... Terima kasih ya mak sudah mengingatkan, tapi memang benar sebagai perempuan muslim hendaknya menutup aurat. Karena memang wajib menurutku.

    ReplyDelete
  6. Iya, dalam Al Quran sudah dijelaskan dengan lengkap ya
    Bagaimana panduan pakaian untuk wanita

    ReplyDelete
  7. saya masih berproses untuk bisa memakai yang benar-benar tertutup seperti yang mba tulis, semoga bisa Aamiin. Pashmina Curve Instan Jumbo ini model instan atau bukan mba, sekarang tuh lagi suka pashmina instan

    ReplyDelete
  8. Kebanyakan mode sekarang kalo pakai jilbab justru diikat ke belakang, dan dimodel-model sampai tidak menutup dada. Padahal aturannya sudah jelas ya..

    ReplyDelete
  9. Sangat menjadi reminder buat saya ini
    Soalnya kadang tergoda mau model modelin hijab
    Padahal sudah ada aturan jelas

    ReplyDelete
  10. Kain Crinkle Airflow ini yang lagi digemari banyak pecinta brand hijab yaa..
    Yang kalau abis dicuci, gak perlu disetrika, uda nge-flow sendiri?
    Pashmina Oval Crinkle Airflow Jumbo sangat cantik dan sesuai dengan kriteria Al-Qur'an dan hadits.. mashaAllaa~

    ReplyDelete
  11. Terima kasih mbak buat remindernya.
    Pashmina Curve Instan Jumbo-nya kelihatan nyaman dan lembut bahannya. Pasti adem deh dipakai ya. Bisa nih buat hadiah ibuku yang sebentar lagi ulang tahun.

    ReplyDelete
  12. terima kasih mba untuk sharing dan remindnya, menjadi pengingat banyak perempuan muslim pastinya dan pastinya yang masih belajar jadi tahu apa yang harus dikenakan

    ReplyDelete
  13. saya masih belum pede pakai pashmina gede begini soalnya bikin tambah gendut kayaknya. tapi kalau lihat teman pakai malah bagus. semoga saja nanti saya bisa lebih memperbaiki pakaian muslimah saya biar sesuai syariat

    ReplyDelete
  14. PR juga buatku utk istiqomah pakai baju sesuai syariat
    karena beberapa kali tergoda kostum kekinian buat OoTD ,

    ReplyDelete
  15. Jaman sekarang pakai jilbab segi empat yg dibuat segitiga atau pashmina malah suka dililitkan ke leher ya. Alih alih menutup dad, yg ada malah membukakan dada... Astaghfirullah

    ReplyDelete
  16. Crinkle airflow tuh nyaman banget dipakai, adem dan jatuh gitu. Seharian nggak engap.

    Soal aurat ini aku kalau di rumah mertua tetap nggak buka jilbab. Bahkan ke bapakku kandung pun misal lagi nyusuin aku gak pernah buka jilbab. Kalau orang lain masih buka jilbab

    ReplyDelete
  17. Terlihat lebih anggun dan feminim, bukan tanpa alasan ajaran untuk menutup aurat demi keselamatan wanita itu sendiri. Reminder buat saya nih yang masih suka modelan jilbab di semat di belakang, semoga kedepannya semakin baik.

    ReplyDelete
  18. bahan crinkle itu memang adem, enak dipakai, bisa jadi pilihan nih bagi teman yang suka menggunakan jilbab instan, tinggal slup pakai, cakep deh

    ReplyDelete
  19. Menggunakan pashmina Oval Crinkle Airflow ini bisa satset enggak perlu ribet nyari penitik udah gitu anti kusut lagi cocok nih kalau dibawa tliburan

    ReplyDelete
  20. Hijab model pashmina memang bikin penampilan jadi tambah anggun. Apalagi modelnya yang panjang bisa menutupi tubuh dan dada. Jadi pas untuk kriteria pakaian wanita Islam.

    ReplyDelete
  21. Bahan crinkle airflow ini enak dipakainya. Aku belum punya pasmina instan dari bahan ini. Tapi kalau baju ada beberapa yg berbahan crinkle airflow. Enak dan nyaman dipakai. Gak perlu setrika lagi.

    ReplyDelete
  22. wah ini bisa masuk wishlist mbak, saya juga biasa pakai yang jumbo, tapi kalau beli online sering ragu, karena pernah coba beberapa kali barang yang datang itu menerawang, dan nggak di Acc pak suami utk dipakai

    ReplyDelete
  23. Masya Allah sekali Al-Qur'an memuliakan perempuan, semua sudah ada dan terjawab bagaimana seharusnya.

    Mbak mohon maaf, aku salah fokus sama background fotonya, bikin naksir pengen kesana

    ReplyDelete
  24. Benar banget yang paling penting menutup dada.. tidak terlihat bagian belakang dan depan.

    ReplyDelete
  25. bersyukur ya banyak yang berinovasi dengan desain dan bahan untuk hijab sehingga yang sedang berusaha berhijab juga jadi nyaman dengan hijabnya, kaya pashmina ini, ringan, simpel tapi tetap memenuhi kriteria syar'i, helpfull

    ReplyDelete
  26. Masya Allah, jadi reminder ke diri ini.
    Saya Masih punya banyak PR, mulai Dari lekukan tubuh yang kadang-kadang Masih terlihat, saking baju kekecilan dipakai.bSama
    tangan yang sering terlihat karena tangan saya kepanjangan

    ReplyDelete
  27. Masya Allah, terima kasih mba sudah kembali diingatkan. Kadang-kadang yang soal tangan itu suka luput hehe

    ReplyDelete
  28. Mau ikutan cobain cari Pashmina Crinkle Airflow juga..
    Selama ini beli yang uda sekalian ama niqabnya.

    Kalau buat remaja, cantik banget sih Pashmina Crinkle Airflow ini...

    ReplyDelete
  29. mashaAllah serasa diingatkan lagi tentang pakaian yang biasanya dipakai sudah menutup aurat bener2 nggak, hiks. Semoga kita semua istiqomah menjulurkan jilbab ke dada sesuai Apa Kata Allah.

    ReplyDelete

Tinggalkan Komen Ya!